Friday, June 3, 2016

Menu Makanan Sehat Alami Saat Sahur dan Jelang Buka Puasa

Makanan sehat alami untuk puasa maupun untuk sahur haruslah dapatlah di serap oleh tubuh. Dengan begitu kesehatan akan senantiasa terjaga dengan penuh keseimbangan. Kadang kala orang yang berpuasa saat jelang sahur maupun berbuka berniat untuk mengkonsumsi dalam skala banyak/ besar agar tubuh tidak lemas saat melaksanakan puasa. Juga agar tubuh bisa fit kembali setelah selesai shaum seharian dari imsak jelang bedug maghrib tiba.

Menu Buka Puasa tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Makanlah secukupnya dan minumlah secukupnya pula. tubuh kita memiliki kapasitas/ daya tampung tidak boleh berlebihan. Jika kita berlebihan yang ada malahan apa yang telah kita konsumsi akan keluar dengan percuma. Di dalam ajaran islam diajarkan untuk membatasi segala sesuatu dari apa yang akan kita kerjakan, semisal tentang shaum.

Menu sahur biasanya kita konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan maupun sayur-mayur. Baik yang masih dalam keadaan utuh maupun yang sudah di olah dalam bentuk lainnya.

Jadikan bulan ramadan sebagai bulan sehat baik untuk jiwa maupun raga kita. Jangan kita lewati batasan-batasan yang sebenarnya telah kita ketahui dari sejarah orang-orang terdahulu yang pernah mendahului kita.

Orang dahulu rata-rata berumur panjang dan ingin terus memaknai hidup mereka dengan karya-karya nyata yang dinginkan untuk bisa dirasakan oleh orang banyak. Tidak hanya dalam skup kebermanfaatan bagi dirinya sendiri akan tetapi bagi siapa saja yang hendak merasakan manfaat akan karya nyatanya. Seperti kehadiran para nabi dan para rasul yang telah membawa peradaban ke arah yang lebih maju ke arah kehidupan yang lebih dan lebih baik lagi.

Romadhon merupakan saat yang tepat untuk kita menetralisir kotoran yang ada di dalam hati maupun fisik  kita untuk senantiasa menjadi bersih dan senantiasa menjadi segar selalu. Dengan harapan kehidupan kita bisa lebih terasa lebih baik.

No comments: