Thursday, March 5, 2015

Diplomasi Terbaik Yakni Diplomasi di Meja Makan Sambil Makan Bersama


www.abonkotasolo.blogspot.com
Pernahkah anda perhatikan bagaimana gubernur DKI Jakarta dahulu, yakni pak joko widodo berdiplomasi dengan segenap warga jakarta mengatasi masalah bersama? Ya, beliau menerapkan diplomasi meja makan.

Masalah itu pasti ada dan akan selalu ada di dalam setiap lini kehidupan manusia. Baik itu masalah yang kecil hingga masalah yang besar. Pak joko widodo yang asli orang solo dengan diplomasi meja makan beliau mengajak musyawarah dengan warga bisa mencairkan suasana dan bisa mendapatkan solusi yang tepat. Tiada masalah yang tiada ada jalan keluarnya. Seberat apapun masalah jika di bicarakan di meja makan sambil makan bersama pasti ada solusinya.

Itu adalah contoh yang baik dan bisa kita ikuti. Musyawarah mufakat itu merupakan budaya asli orang indonesia. Suasana tegang dan saling merasa menang bisa memperkeruh situasi dan kondisi. Saat di meja makan para warga menumpahkan segala isi hati dan segala isi pikirannya. Dan pak joko widodo pun mencatat segala keluhan warga serta mendengarkan dengan seksama dengan penuh keseriusan.

Pak joko widodo kini telah menjadi presiden republik indonesia. Suri tauladan yang baik dari beliau seharusnya bisa kita terapkan baik itu di dalam kita menjalani kehidupan berkeluarga maupun kehidupan bermasyarakat. Ya, beliau secara tidak langsung menerapkan budaya jawa yang sekaligus menerapkan budaya asli indonesia yang mengutamakan musyarah mufakat di dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan yang ada.

Saat anda melakukan diplomasi di meja makan sesambil makan bareng, jangan lupa ikut sertakan makanan yang mengandung protein nabati maupun hewani, hehehe ... Sertakan pula makanan ringan yang bisa anda sajikan sebelum anda makan besar. Ya, seperti abon sapi, ataupun abon ayam buatan kami. Abon sapi yang kami buat memiliki cita rasa tersendiri begitu juga abon ayam kami.

Keduanya jika anda sajikan di atas meja makan kami pastika akan cepat habis, karena rasa yang gurih dan harga yang murah di bandingkan dengan makanan sejenis lainnya. Mau bukti silahkan anda pesan kepada kami, maka kami akan langsung mengantarkannya ke hadirat anda. Selamat menikmati ...

No comments: